Kamis, 04 Juli 2013

Perawatan Sederhana untuk Pilek

Virus penyebab flu/pilek ada di mana-mana dan mudah sekali menular. Itulah mengapa bila anda berdekatan dengan orang lain yang menderita flu, sangat mungkin anda terserang flu juga, terlebih jika daya tahan tubuh anda sedang menurun. Flu akibat virus biasanya diawali dengan keluhan sakit atau gatal di daerah tenggorokan. Juga kerap disertai naiknya suhu tubuh dan keluarnya lendir berwarna jernih dari hidung yang lama-kelamaan akan mengental/pekat dan berbau khas.
Penanganannya:
  • Umumnya pilek memang tidak perlu  minum obat.
  • Makanlah makanan bergizi dan perbanyak buah, terutama buah yang mengandung banyak vitamin C seperti jeruk, jambu biji, dan mangga. Asupan ini akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh mampu menyembuhkan diri sendiri.
  • Kalau lendir hidung terus keluar, itu pertanda sistem kekebalan sedang bekerja. Tentu butuh waktu untuk bisa sembuh.
  • Istirahat lebih banyak, karena tubuh yang lelah akan sulit bertahan dari serangan penyakit.
  • minum air putih hangat. Untuk bayi tetap berikan ASI supaya daya tahan tubuhnya tetap baik.
  • Aroma minyak kayu putih atau balsam juga dapat melonggarkan jalan pernapasan. Balurkan di dada dan leher.
  • Inhalasi sederhana. Caranya, isi baskom dengan air panas dan beberapa tetes minyak angin/ kayu putih. gunakan plastik seukuran kertas A4. lalu gulung plastik tsb. menyerupai pipa paralon. tutup baskom dengan handuk. taruh gulungan plastik di antara handuk dan tepi baskom. lalu dekatkan hidung dengan lubang atas gulungan plastik, pastikan ada uap masuk ke hidung. inhalasi ini berguna untuk memudahkan kita bernapas akibat sumbatan “mampet” pada hidung.
  • jika disertai demam lebih dari 38oC, minum obat penurun panas yang mengandung parasetamol.
Jika pilek menyerang, makan makanan bergizi, cukup vitamin c, cukup istirahat, banyak minum air putih, dan terakhir cukup olahraga  agar badan tetap bugar.

Penulis:
Ns. Nurul Widiyastuti S.Kep

Sumber: Perawat Online

0 komentar: